> >

BMKG: Ini Wilayah yang Berpotensi Alami Kekeringan Meteorologis hingga 20 Oktober 2024

Peristiwa | 14 Oktober 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi sawah alami kekeringan. (Sumber: Kemkominfo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis dan potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

BMKG mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami musim kemarau. Hari Tanpa Hujan (HTH) terlama terjadi di Probolinggo dan Pakistaji, Jawa Timur, yakni sebanyak 169 hari (kategori Panjang Ekstrem).

"Sementara itu dari pantauan citra satelit terdapat 2 titik panas di Sulawesi Selatan," tulis BMKG melalui akun @infobmkg, Minggu (13/10/2024).

Baca Juga: Operasi Zebra 2024 Hari Ini, Simak 14 Pelanggaran yang Disasar, Sanksi, dan Jadwalnya

BMKG mengimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah dengan potensi kekeringan dan kebakaran lahan tinggi untuk mengantisipasi dampak resiko.

Salah satunya, dengan melakukan beberapa hal seperti tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak meninggalkan sumber api di dalam rumah, mengecek instalasi listrik agar tidak terjadi korsleting, dan jika perlu selalu menyediakan alat pemadam api ringan (APAR)  jika terjadi kebakaran.

Berikut wilayah yang berpotensi alami kekeringan meteorologi hingga 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Jokowi Kembali Bertemu Prabowo, Kali Ini Ada Gibran

Klasifikasi awas:

  • Beberapa kabupaten di Jawa Timur
  • Bali
  • NTB.

Klasifikasi siaga:

  • Beberapa kabupaten di Jawa Timur
  • Bali
  • NTB
  • NTT

Daerah dengan indeks kesesuaian iklim untuk kejadian titik panas kebakaran hutan dengan kategori resiko tinggi: Alor, Banyuwangi, Batu, Bau-Bau, Belu, Bima, Bondowoso, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Timur, Buton Utara, Dompu, Ende, Flores Timur, Gresik, Jember, Jombang, Karangasem, Kupang, Lembata, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Magetan, Maluku, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Merauke, Mojokerto, Muna, Muna Barat, Nagekeo, Ngada, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Rotendao, Sidoarjo, Sikka, Situbondo, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Sumbawa, Timor Tengah Selatan, Timur Tengah Utara.

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU