> >

Hari Ini Jokowi Terima Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana, Apa Itu?

Peristiwa | 14 Oktober 2024, 08:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers setelah meninjau ketersediaan beras dan menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah di Kompleks Pergudangan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (26/09/2024). (Sumber: BPMI Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima penghargaan berupa medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik "Loka Praja Samrakshana" dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pada Senin (14/10/2024).

Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi Polri atas peran besar Presiden Jokowi dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan bahwa acara penganugerahan akan digelar di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Jadi dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, (Polri) juga akan memberikan kepada Presiden RI Jokowi medali kehormatan Loka Praja Samrakshana, secara langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," ujar Trunoyudo dikutip dari Antara, Minggu (13/10).

Selain menerima medali kehormatan, Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk menghadiri apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi akan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri.

Baca Juga: Jokowi Kembali Bertemu Prabowo, Kali Ini Ada Gibran

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Tujuh satuan kerja yang akan menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah:

  1. Bareskrim Polri
  2. Baharkam Polri
  3. Korbrimob Polri
  4. Divisi Hubungan Internasional Polri
  5. Korlantas Polri
  6. Densus 88 Antiteror Polri
  7. Pusdokkes Polri

Arti Loka Praja Samrakshana

Mengenai arti dari Loka Praja Samrakshana, pakar Linguistik dari Universitas Indonesia (UI), Atin Fitriana, menjelaskan bahwa istilah tersebut berasal dari bahasa Sanskerta.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU