> >

Kementerian PUPR Sebut Bangunan di IKN Bisa Jadi Contoh Gedung Perkantoran

Humaniora | 14 Oktober 2024, 07:05 WIB
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, menjadi pusat perhatian tamu VVIP pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus)

 

NUSANTARA, KOMPAS.TV - Dua bangunan utama di Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Istana Negara dan Istana Garuda, diharapkan menjadi acuan bagi pembangunan gedung-gedung kantor di Indonesia.

Kedua bangunan itu disebut dirancang dengan sangat matang, mengutamakan penggunaan material lokal, serta mengedepankan nilai-nilai estetika dan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan, desain dan pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda dilakukan dengan mengikuti Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK), serta memenuhi kriteria bangunan cerdas, ramah lingkungan, dan berstandar internasional.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh ya untuk bangunan-bangunan yang mungkin di Indonesia yang bisa digunakan untuk bangunan-bangunan kantor-kantor," ujar Diana setelah peresmian Istana Negara di IKN, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga: Ingin Berkunjung ke IKN? Ini Cara dan Syaratnya | NI LUH VODCAST

"Tentunya istana ini nanti akan menjadi bangunan yang kiranya bisa menjadikan contoh ya seluruh material dari seluruh Indonesia ada di dalam istana ini."

"Dan kemudian juga suasana yang ada di dalam istana ini juga kita lihat dengan menggunakan interior-interior dan juga kesejukannya," imbuhnya.

Sebagai contoh, Diana menyebut pintu istana terbuat dari tembaga asli Indonesia, lampu-lampu berasal dari Boyolali, serta ukiran yang menghiasi bangunan merupakan karya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Yang akhirnya bertemakan adalah kegotongroyongan. Bhineka Tunggal Ika, kemudian identitas nasional itu ada. Kemudian juga terkait dengan keberlanjutan sosial, ekonomi, dan sebagainya," urainya.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU