> >

Jokowi Sebut Peresmian Istana Garuda IKN Bakal Dilakukan oleh Prabowo

Politik | 11 Oktober 2024, 18:10 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Peresmian fasilitas Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, akan dilakukan oleh Presiden terpilih RI Prabowo Subianto.

Penjelasan itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), seperti dikutip dari pemberitaan Antara, Jumat (11/10/2024).

"Untuk Istana Garuda nanti akan diresmikan oleh presiden baru Bapak Prabowo Subianto," kata Presiden Jokowi seperti dikutip lewat laman Sekretariat Presiden di Jakarta.

Sebelumnya, saat berpidato pada kegiatan peresmian Istana Negara IKN, Jokowi menjelaskan bahwa bangunan Istana Garuda masih dalam tahap finishing.

Baca Juga: Detik-Detik Jokowi Mendarat di Bandara IKN, Pakai Pesawat Kepresidenan Boeing 737

"Karena Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan dimungkinkan masih memakan waktu satu bulan ke depan, maka pada hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu," tuturnya.

Menurut Jokowi, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam menyelesaikan seluruh infrastruktur pendukung ekosistem di IKN.

Ia menyebut bahwa hal terpenting adalah kegiatan pembangunan yang berjalan sesuai dengan target waktu yang sebelumnya telah ditentukan.

Jokowi juga berharap kehadiran Istana Negara dan Istana Garuda di kompleks Istana Kepresidenan IKN dapat menopang berbagai kegiatan kenegaraan yang berskala besar.

"Kita harapkan nanti, kegiatan-kegiatan kenegaraan yang besar, yang butuh tempat yang gede, bisa dilakukan di sini, di IKN," harapnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Antara


TERBARU