> >

Kader PDIP Diisukan Masuk Kabinet, Guntur Romli: Tunggu Hasil Pertemuan Megawati dengan Prabowo

Peristiwa | 11 Oktober 2024, 09:00 WIB
Foto arsip. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan salam kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat Prabowo akan meninggalkan kediaman Megawati yang berada di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). (Sumber: KOMPAS/RADITYA HELABUMI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politisi PDI Perjuangan Guntur Romli menegaskan belum ada keputusan dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri soal akan berada di dalam atau di luar pemerintahan. Oleh karena itu, Guntur Romli meminta pembahasan soal kader PDI-P masuk dalam bursa kabinet menunggu hasil pertemuan Megawati dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Guntur Romli dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Jumat (11/10/2024).

“Sikap politik PDIP Perjuangan sampai sekarang belum diputuskan, maka nama-nama yang beredar itu bukan dari kami, bukan penawaran dari kami ya, karena kita masih mau menunggu pertemuan antara ibu Megawati dengan Pak Prabowo kapan akan terjadi, dan apa yang akan dibicarakan, dan apa hasilnya, baru kita bisa bicara lebih jauh,” kata Guntur.

Baca Juga: 2 Prajurit TNI Kena Luncuran Peluru Tank Merkava Israel, Menlu RI: Indonesia Mengecam Keras

Selain itu, Guntur menuturkan, PDI-P sebagai partai cukup sadar diri karena memiliki sikap politik yang berbeda dengan Prabowo Subianto saat Pilpres. Atas dasar itu, Guntur pun memastikan partainya tidak pernah menawarkan diri untuk masuk dalam bursa kabinet Prabowo Subianto.

“Kami tidak pernah menawarkan diri, PDI Perjuangan juga cukup sadar diri dan tidak mau ke-GR-an koalisinya Pak Prabowo juga sudah luar biasa, 80% lebih,” ujar Guntur.

“Jadi kami menyadari bahwa dan sikap politik kami juga ketika Pilpres juga kami memiliki calon sendiri dan kita juga sama-sama tahu bagaimana hasilnya, jadi mohon menunggu dulu pertemuan antara Ibu Megawati dengan Pak Prabowo Subianto baru kita bicara soal nama-nama yang beredar,” ucapnya.

Baca Juga: Disebut Masuk Bursa Kabinet Prabowo, Azwar Anas: Saya Belum Tahu Malah

Sebagai informasi, sejumlah nama kader PDIP memang santer disebut-sebut akan menjadi menteri dalam pemerintahan Prabowo Subianto. Antara lain adalah, Azwar Anas, Olly Dondokambey, Budi Gunawan.

“Kami tidak pernah menawarkan diri, kami tidak pernah menyodorkan nama-nama itu sebelum ada kejelasan sikap politik PDI perjuangan yang ditentukan oleh ibu ketua umum,” kata Guntur.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU