> >

Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2024 yang Diperingati 22 Oktober, Ini Filosofi dan Maknanya

Peristiwa | 10 Oktober 2024, 09:31 WIB
Tema dan logo Hari Santri Nasional 2024. (Sumber: Kemenag.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan tema dan logo Hari Santri Nasional 2024 yang akan diperingati pada 22 Oktober.

Sebagai informasi, peringatan Hari Santri Nasional sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Tujuan peringatan Hari Santri Nasional adalah untuk memperingati peran santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Santri Nasional pertama kali diperingati oleh kalangan pesantren untuk mengenang jasa kaum santri dalam mewujudkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tema Hari Santri Nasional 2024

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan peringatan Hari Santri 2024 mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.

“Pada peringatan Hari Santri tahun ini kita mengusung tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’. Saya mengajak seluruh santri di Indonesia untuk bersama-sama terus berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,” kata Yaqut di Jakarta, Rabu (9/10/2024), dikutip dari laman kemenag.go.id.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hadiri Peringatan Hari Santri Ketua DPR RI dan Menhan

Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945.

Resolusi ini berisi seruan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Semangat juang yang dimiliki para santri pada masa itu, menurut Menag Yaqut, masih sangat relevan untuk diteladani pada masa kini.

Bedanya, bila dulu para santri berjuang melawan penjajah, saat ini santri harus mampu menaklukkan tantangan zaman.

“Hari ini kita berkumpul di sini, menyelaraskan kembali hati dan barisan kita untuk berbakti pada negeri. Santri harus dapat memberikan kontribusi bagi masa depan negeri ini,” kata Menag berpesan.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, Mahasiswa UIN KHAS Jember Kuliah Sarungan

Makna dan Filosofi Logo Hari Santri 2024

Logo Hari Santri 2024 tampak seperti dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Di bagian atasnya terdapat lingkaran dengan warna merah.

Jika diperhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “S” dan “I” yang menjadi simbol Santri Indonesia.

Berikut penjelasan mengenai makna logo Hari Santri 2024:

1. Santri berlari dengan mengangkat tangan

Logo Hari Santri 2024 menggambarkan simbol santri berlari dengan mengangkat tangan. Simbol ini melambangkan semangat juang yang tak kenal lelah.

Gerakan berlari mengindikasikan progres dan dinamika. Sedangkan tangan yang terangkat melambangkan harapan, optimisme, serta tekad untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Ditinggal Pawai Hari Santri, Pesantren Al Barkah Cianjur Terbakar

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU