> >

BMKG Prediksi Hujan Meluas di Indonesia, Ini 26 Daerah yang Terdampak

Peristiwa | 7 Oktober 2024, 07:11 WIB
Ilustrasi hujan lebat. BMKG mengeluarkan peringatan cuaca terbaru untuk wilayah Indonesia pada hari Senin (7/10/2024). (Sumber: The Weather Channel)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca terbaru untuk wilayah Indonesia pada hari Senin (7/10/2024).

Berdasarkan analisis yang disampaikan oleh Prakirawan BMKG, Bagas Briliano, melalui video Prakiraan Cuaca BMKG di kanal YouTube resmi lembaga tersebut, sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang bervariasi.

Menurut prakiraan BMKG, 12 daerah diprediksi akan mengalami hujan ringan.

Wilayah-wilayah tersebut meliputi Aceh, Padang (Sumatera Barat), Pekanbaru (Riau), Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung), Serang (Banten), Mataram (Nusa Tenggara Barat), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Samarinda (Kalimantan Timur), Kendari (Sulawesi Tenggara), Gorontalo, Ternate (Maluku Utara), dan Manokwari (Papua Barat).

Sementara itu, 10 daerah lainnya diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Daerah-daerah tersebut adalah Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), Jambi, Bengkulu, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Pontianak (Kalimantan Barat), Palu (Sulawesi Tengah), Sorong (Papua Barat), Nabire (Papua), Ambon (Maluku), dan Jayawijaya (Papua Pegunungan).

Baca Juga: Pekan Ini Ada Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa, 8-14 Oktober 2024, Berikut Penjelasan BMKG

BMKG juga memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai petir atau kilat di empat wilayah, yaitu Mamuju (Sulawesi Barat), Manado (Sulawesi Utara), Jayapura (Papua), dan Merauke (Papua).

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko bencana yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem.

Selain prakiraan hujan, BMKG juga memprediksi kondisi cuaca lainnya di beberapa wilayah Indonesia. Palembang (Sumatera Selatan) dan Lampung berpotensi mengalami udara berkabut.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU