> >

Profil 7 Panelis Debat Perdana Pilkada Jakarta: Gun Gun Heryanto, Siti Zuhro, hingga Andhyta Utami

Rumah pemilu | 6 Oktober 2024, 13:22 WIB
Suasana pengundian nomor urut pasangan calon gubernur/wakil gubernur peserta Pilkad Jakarta 2024 di KPUD Jakarta, Senin (23/9/2024). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta telah menetapkan tujuh panelis yang akan menguji gagasan masing-masing paslon dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Adapun debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan digelar di JIEpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024) malam nanti.

Ketujuh panelis debat Pilkada Jakarta 2024 berasal dari latar keilmuan yang bervariasi. Mereka adalah Gun Gun Heryanto (Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta), Beki Mardani (Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi), Siti Zuhro (Peneliti BRIN), Nurliah Nurdin (Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta), Ahsanul Minan (Pakar Hukum Unusia), Didik Suhariyanto (Rektor Universitas Bung Karno), dan Andhyta Firselly Utami (Ekonom Lingkungan).

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta, Pramono Sebut Enggan Terbebani Hal yang Tidak Perlu

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan dimulai pada puku 19.00 WIB. Para panelis akan mengajukan pertanyaan kepada Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno pada segmen kedua dan ketiga.

Berikut profil tujuh panelis yang akan mengisi debat perdana Pilkada Jakarta 2024 nanti malam.

Profil panelis debat Pilkada Jakata 2024

Gun Gun Heryanto

Gun Gun Heryanto adalah pakar komunikasi politik asal UIN Jakarta sekaligus Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute. Dilansir direktori staf UIN Jakarta, Gun Gun saat ini menjadi pendidik di program studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Menurut Pangkalan Data Dikti, Gun Gun mendapatkan gelar sarjana dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 2000 silam. Akademisi kelahiran 1976 ini kemudian mengambil gelar S2 di Universitas Indonesia dan S3 di Universitas Padjajaran.

Selama kariernya sebagai akademisi, Gun Gun telah menghasilkan berbagai karya buku atau artikel di jurnal akademik. Buku-buku Gun Gun Heryanto di antaranya adalah Media Komunikasi Politik (2018), Literasi Politik (2019), serta Panggung Komunikasi Politik (2019).

Beki Mardani

Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi Beki Mardani merupakan aktivis Betawi yang pernah berkarier sebagai jurnaslis di SCTV. Beki menjadi aktivis Betawi sejak menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia pada 1990-an.

Dilansir laman resmi PMI Jakarta Barat, Beki Mardani aktif sebagai aktivis saat menjadi mahasiswa dan sempat memimpin Keluarga Mahasiswa Betawi (KMB) Komisariat UI. Beki kemudian menjadi ketua umum Pimpinan Pusat KMB pada 1992.

Pria kelahiran Meruya, Jakarta Barat pada 3 Juli 1965 tersebut juga aktif di Palang Merah Indonesia dan menjadi ketua PMI Jakarta Barat pada 2022. Beki juga dipercaya Pemprov Jakarta menjadi anggota Deewan Pengawas Perumda Pasar Jaya, BUMD yang bergerak di bidang perpasaran.

Siti Zuhro

Siti Zuhro adalah peneliti politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Siti Zuhro telah aktif menjadi peneliti sejak di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebelum lembaga itu dilebur ke dalam BRIN.

Perempuan kelahiran 1958 itu mendapatkan gelar sarjana di Universitas Jember. Siti Zuhro kemudian mengambil S2 di Universitas Flinders Australia dan Universitas Curtin Australia.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU