> >

Serba Serbi Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024: Berikut Tata Tertib, Tema, Panelis, hingga Rundown

Rumah pemilu | 6 Oktober 2024, 12:58 WIB
Suasana pengundian nomor urut pasangan calon gubernur/wakil gubernur peserta Pilkad Jakarta 2024 di KPUD Jakarta, Senin (23/9/2024). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 akan digelar pada Minggu (6/10/2024) malam ini di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB. Debat ini akan menjadi forum terbuka pertama yang mempertemukan ketiga paslon gubernur/wakil gubernur Jakarta.

Adapun debat nanti malam akan diikut ketiga pasangan calon, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dan Pramono Anung-Rano Karno. 
Tim sukses dan pendukung dari masing-masing pasangan calon juga akan hadir dalam debat di JIExpo Kemayoran tersebut.

Tema debat perdana Pilkada Jakarta 2024

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 nanti malam akan mengusung dua tema, yakni "Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)" dan "Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global." Masing-masing paslon akan diberi kesempatan menyampaikan gagasannya sesuai kerangka dua tema tersebut.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta, Pramono Sebut Enggan Terbebani Hal yang Tidak Perlu

Tema penguatan SDM dan kota global dipilih untuk mengulik lebih jauh visi-misi masing-masing paslon terkait pengembangan Jakarta lima tahun ke depan, terutama setelah ibu kota Indonesia dipindah ke Nusantara.

Panelis debat Pilkada Jakarta 2024

Terdapat tujuh panelis yang disiapkan untuk debat perdana Pilkada Jakarta 2024. Ketujuh panelis yang dipilih berasal dari bidang keilmuan yang berbeda.

Adapun ketujuh panelis yang akan menguji masing-masing paslon dalam debat Pilkada Jakarta 2024 adalah sebagai berikut.

  • Gun Gun Heryanto (Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta)
  • Beki Mardani (Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi)
  • Siti Zuhro (Peneliti BRIN)
  • Nurliah Nurdin (Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta)
  • Ahsanul Minan (Pakar Hukum Unusia)
  • Didik Suhariyanto (Rektor Universitas Bung Karno)
  • Andhyta Firselly Utami (Ekonom Lingkungan)

Adapun debat perdana Pilkada Jakarta 2024 nanti malam akan dimoderatori oleh pembawa acara Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

Tata tertib debat Pilkada Jakarta 2024

Kompas.com melaporkan, tata tertib yang telah terkonfirmasi dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024 antara lain adalah tidak boleh menggunakan singkatan yang kurang familiar.

Apabila ingin menggunakan singkatan saat berbicara, masing-masing paslon harus menjelaskan lebih dulu arti dari singkatan tersebut.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU