> >

Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI, Bakal Cek Pasukan di Monas

Peristiwa | 4 Oktober 2024, 14:01 WIB
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai Inspektur Upacara saat hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI, pada Sabtu (5/10/2024) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. (Sumber: Sekretariat Kabinet)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai Inspektur Upacara saat hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI, pada Sabtu (5/10/2024) besok di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Hariyanto, saat ditemui TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024).

Haryanto mengatakan, sebagai Inspektur Upacara, Presiden Jokowi akan memeriksa pasukan TNI di Monas, dengan menggunakan mobil standar kepresidenan.

"Presiden Republik Indonesia sebagai Irup (Inspektur Upacara) dan akan memeriksa pasukan memutar di Monas," kata Hariyanto dikutip dari Kompas.com.

Hariyanto menambahkan, Presiden Jokowi akan memeriksa pasukan dengan mengitari satu putaran Lapangan Silang Monas. Menurutnya, akan ada sebanyak 22 batalyon pasukan yang mengitari Silang Monas.

"Itu yang istimewa. Upacaranya tidak hanya di sisi sebelah Monas, tapi pasukan itu melingkar dan ada 22 batalyon di situ tergelar," ujar mantan Kepala Staf Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih ini.

Baca Juga: Peringati HUT TNI ke-79, Kodim 1304 Gorontalo Gelar Lomba PBB Antar Sekolah

Terkait upacara HUT ke-79 TNI ini, Hariyanto mengatakan tak hanya dilaksanakan di Monas, melainkan juga di seluruh satuan tiap matra TNI.

"Sama, Angkatan Darat (misalnya) seluruh jajaran Kotama Kodam melaksanakan upacara," ucapnya.

Kegiatan yang dilakukan pun tidak hanya sebatas upacara, tapi seluruh prajurit TNI juga menggelar sejumlah kegiatan seperti doa bersama, kunjungan atau anjangsana hingga donor darah dan pelayanan kesehatan.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.com


TERBARU