> >

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sejumlah Kota Besar Jumat 4 Oktober 2024

Peristiwa | 4 Oktober 2024, 07:48 WIB
Ilustrasi hujan petir (Sumber: The West Australian via tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem di sejumlah kota besar di Indonesia pada hari Jumat (4/10/2024).

BMKG mengungkapkan beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, yang dapat disertai dengan kilat dan angin kencang.

Prakirawan BMKG, Kania Mustikawati, menjelaskan bahwa fenomena ini disebabkan oleh adanya daerah konvergensi yang membentang dari Samudra Pasifik Timur Filipina hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.

Daerah konvergensi ini meliputi Selat Malaka, Laut Natuna, Sumatera bagian selatan, pesisir utara Jawa bagian barat, Laut Jawa, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, Laut Banda, Pulau Seram, dan Papua Pegunungan.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah yang dilewati konvergensi atau konfluensi.

Sebagai akibatnya, BMKG memperkirakan beberapa kota besar akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.

Kota-kota tersebut meliputi Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Lampung, Jambi, Palembang, Pontianak, Tanjung Selor, Palangkaraya, Banjarmasin, Mamuju, Manado, Ambon, Ternate, Nabire, dan Jayawijaya.

Sementara itu, kota-kota besar lainnya seperti Pangkal Pinang, Bengkulu, Serang, Jakarta, Bandung, Mataram, Samarinda, Palu, Kendari, Sorong, Manokwari, dan Jayapura diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Juga: Curah Hujan Indonesia Normal, BMKG Imbau Warga untuk Tetap Waspada Potensi Bencana

BMKG juga mencatat beberapa kota besar yang diperkirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari tersebut. Kota-kota ini meliputi Banda Aceh, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Kupang, Gorontalo, Makassar, dan Merauke.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU