> >

KPU Jakarta Siapkan 7 Panelis untuk Susun Pertanyaan Debat Kandidat Pilkada 2024

Politik | 2 Oktober 2024, 22:14 WIB
Astri Megatari, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta menyiapkan tujuh panelis untuk menyusun pertanyaan pada debat perdana pasangan calon kepala daerah di Pilkada Jakarta 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Astri Megatari, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan debat perdana Pilkada Jakarta 2024 pada 6 Oktober 2024.

“Untuk debat pertama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2024 jam 19.00 WIB,” ucapnya, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Harko Sutiono.

Baca Juga: Pengamat Kebijakan Publik soal Badan Anggaran DPR: Harus Kritis dan Tahan Tekanan Eksekutif

“Untuk temanya, debat pertama ini kami akan mengangkat tema mengenai penguatan sumber daya manusia dan transformasi Jakarta menjadi kota global,” imbuhnya.

Tema tersebut, kata Astri, berkaitan dengan bagaimana visi misi pasangan calon untuk mengembangkan Jakarta 5 tahun ke depan, saat Jakarta sudah tidak lagi menjadi ibu kota namun visinya adalah menjadi kota global.

“Untuk debat pertama rencananya akan ada 7 orang panelis yang akan kami minta untuk menyusun pertanyaan yang akan diajukan pada para pasnagan calon,” katanya.

“Bidangnya itu berkaitan dengan tema, ada dari bidang kebijakan publik, ada yang dari hukum, jadi nanti menyesuaikan dengan tema,” tambahnya.

Mengenai durasi debat, ia menegaskan, kegiatan itu total berdurasi 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU