> >

Politikus PKB Sebut Ada Opsi Pemisahan Kemenparekraf

Politik | 2 Oktober 2024, 06:25 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda saat ditemui di gedung DPR RI, Selasa (21/5/2024). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda, mengatakan ada kemungkinan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan dipisah pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pernyataan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi PKB itu disampaikan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

"Kalau pariwisata ada opsi akan Kemenparekraf dipisah," kata Huda, dikutip Kompas.com.

Ia juga mengaku pernah mendengar wacana pemisahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi dua atau tiga kementerian.

Baca Juga: Kabinet Gemuk Prabowo Gibran, Ini Alasan Beberapa Kementerian akan Dipecah!

Adapun pemecahan diisukan terjadi untuk memisahkan bidang Pendidikan Nasional (Diknas), Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Riset, serta Kebudayaan.

Huda menyebut ada kemungkinan bidang Kebudayaan dari Kemendikbudristek akan dilebur dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Setahu saya (Kemendikbudristek) memang ada rencana akan dipecah. Ada opsi jadi dua. Ada opsi jadi tiga pecahan," imbuhnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ahmad Muzani menyebut adanya kemungkinan pemisahan sejumlah kementerian pada pemerintahan Prabowo-Gibra.

Selain pemisahan, ada juga kementerian yang akan digabung.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU