> >

Profil Eko Patrio, Artis Pertama yang Duduk Sebagai Sekjen PAN

Politik | 30 September 2024, 18:16 WIB
Eko Hendro Purnomo atau dikenal Eko Patrio ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029 (Sumber: KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama Eko Hendro Purnomo atau dikenal Eko Patrio ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2024-2029. 

Eko Patrio menggantikan Eddy Soeparno yang telah ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum PAN. 

Sebelum seperti sekarang ini, Eko Patrio lebih dikenal di dunia hiburan Indonesia sebagai pelawak. 

Eko Patrio yang merupakan suami dari Viona Rosalina itu mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi pelawak bersama Parto dan Akri membentuk grup lawak Patrio. 

Baca Juga: Harapan Pansus Haji DPR ke Prabowo Subianto soal Memilih Figur Menag saat Sampaikan Rekomendasi

Pria kelahiran Kurung Lor, Tanjung Anom, Nganjuk, Jawa Timur, pada 30 Desember 1970 silam itu menekuni dunia komedi sejak SMA. 

Ketika berada di bangku SMA, Eko bersama teman-temannya membentuk Seboel, singkatan dari "Sekelompok Bocah Eling", yang kerap menang lomba lawak.

Setelahnya Radio Suara Kejayaan (SK), yang pada masa itu dikenal sebagai tempatnya para pelawak, melirik kemampuan Eko tersebut. 

Eko pun kemudian membentuk grup lawan Patrio yang merupakan akronim dari nama ketiganya yakni Parto, Akri, Eko.

Karier komedinya bersama Patrio pun melejit hingga akhirnya menembus layar kaca dan mempunyai program lawak di Televisi Pendidikan Indonesia (TPI).

Kesuksesan anak pasangan Sumarsono dan penjahit Sumini di dunia komedi membawanya menjadi presenter acara-acara televisi.

Salah satu acara yang membuat namanya semakin dikenal adalah Kisah Seputar Selebritis (KISS), yang berawal dari presenter tamu kemudian menjadi host tetap.

Keberhasilan tersebut membuka pintu bagi Eko untuk memandu acara televisi lainnya, hingga ia beberapa kali dinominasikan sebagai presenter terfavorit di berbagai ajang penghargaan.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU