> >

BMKG: Hujan Disertai Petir Guyur Sejumlah Kota Senin 30 September, Ini Daftarnya

Peristiwa | 30 September 2024, 07:17 WIB
Ilustrasi hujan.  (Sumber: The Indian Express)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca untuk mayoritas kota besar di Indonesia pada hari Senin (30/9/2024).

Sebagian besar wilayah diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas bervariasi, mulai dari ringan hingga sedang, dan beberapa daerah berpotensi mengalami hujan disertai petir.

Dilansir dari Antara, prakirawati BMKG Ida Pramuwardani menyebutkan bahwa beberapa kota seperti Gorontalo, Palu, Medan, Mataram, Denpasar, Ternate, Jayapura, Samarinda, dan Tanjung Selor diperkirakan akan mengalami hujan ringan dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam.

Sementara itu, kota-kota seperti Ambon, Nabire, Sorong, Jayawijaya, Padang, Bengkulu, dan Mamuju diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, dengan curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam.

Yang perlu mendapat perhatian khusus adalah prakiraan hujan disertai petir di beberapa kota besar. Tanjung Pinang, Manado, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, Pontianak, Palangka Raya, dan Banjarmasin diperkirakan akan mengalami fenomena ini. Suhu di daerah-daerah tersebut diperkirakan akan berkisar antara 24-32 derajat Celcius.

Tidak hanya itu, beberapa kota besar lainnya seperti Pekanbaru, Yogyakarta, Kupang, Kendari, Manokwari, Banda Aceh, Lampung, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jakarta, dan Makassar diperkirakan akan mengalami kabut dan awan tebal sepanjang hari. Suhu di kota-kota ini diprediksi akan berkisar antara 25-31 derajat Celcius.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Senin 30 September 2024: 16 Wilayah Waspada Hujan Lebat

BMKG juga melaporkan adanya Siklon Khrathon yang terpantau di Laut Filipina. Fenomena ini berpotensi meningkatkan kecepatan angin dan pertumbuhan awan hujan di sekitarnya hingga Laut China Selatan.

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di Selat Makassar bagian selatan, yang dapat mempengaruhi kecepatan angin dan pertumbuhan awan hujan di pesisir timur Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Barat, dan Maluku akibat adanya sirkulasi siklon di daerah tersebut. Secara umum, angin permukaan di Indonesia didominasi oleh angin yang bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 5-55 kilometer per jam.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU