> >

Dukung Penguatan Alutsista, PT PAL akan Kolaborasi dengan Perusahaan Asal Prancis

Peristiwa | 28 September 2024, 18:38 WIB
CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod mengatakan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan, terutama di sektor maritim. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT PAL Indonesia akan bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis, Naval Group untuk mengadakan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dalam hal ini kapal selam baru.

Sebagai informasi, PT PAL Indonesia merupakan perusahaan manufaktur bidang maritim terbesar di Indonesia yang memiliki bisnis pada kapabilitas rancang (desain) bangun kapal perang, kapal niaga, dan rekayasa umum (general engineering).

Selain itu, PT PAL juga berfokus pada pemeliharaan dan perbaikan (harkan) serta overhaul produk-produk maritim.

Baik kapal perang, kapal selam, kapal niaga, serta general engineering produk energi dan elektrifikasi.

Baca Juga: Momen Jokowi Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana, Disematkan oleh Panglima TNI

CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod mengatakan, pihaknya mendukung penuh arahan Presiden RI Joko Widodo terkait penguatan alutsista dalam negeri khususnya untuk TNI Angkatan Laut.

Ia menegaskan, arahan Presiden tersebut sejalan dengan komitmen PT PAL dalam mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan, terutama di sektor maritim. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkap arahan Presiden Joko Widodo yang akan purnatugas 20 Oktober 2024 mendatang.

Jokowi, kata Ali, meminta agar terus mengutamakan alutsista buatan dalam negeri.

Ia juga menyebut rencana Menteri Pertahanan RI (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto soal pengadaan kapal selam baru dari Prancis yang akan dikerjasamakan dengan PT PAL Indonesia.

Penulis : Dian Nita Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU