> >

Jokowi Landing Perdana di Bandara IKN Pakai RJ85 Hari Ini

Peristiwa | 24 September 2024, 10:57 WIB
Suasana panggung kehormatan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, menjadi pusat perhatian tamu VVIP pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2024). (Sumber: ANTARA/Andi Firdaus)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan resmi mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur, pada Selasa (24/9/2024) siang.

Presiden tiba menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 yang berangkat dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Kabar ini disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

"Siang ini, rencana Bapak Presiden akan mendarat perdana di Bandara IKN," jelas Yusuf dikutip dari Antara.

Keberangkatan Presiden dari Pontianak menuju IKN dilakukan usai menghadiri peresmian fasilitas pengolahan alumina, yaitu Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, pada pagi hari yang sama.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa bandara IKN di Kalimantan Timur telah dipersiapkan untuk kedatangan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pesawat Hercules C-130 TNI AU Mendarat Mulus Saat Uji Coba Landasan Pacu Bandara IKN

Menurut Basuki, pesawat RJ-85 telah melakukan uji coba pendaratan untuk memastikan kelayakan landasan dan kesiapan bandara sebelum digunakan sebagai fasilitas utama transportasi Presiden saat menjalankan tugas negara.

Menurut jadwal, Presiden Joko Widodo akan berkantor di IKN hingga 19 Oktober 2024.

Masa berkantor ini akan berlangsung hingga satu hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang akan dilangsungkan pada 20 Oktober 2024.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU