> >

PKS Yakin Pemilih Anies Akan Dukung Ridwan Kamil dan Suswono di Pilkada Jakarta 2024

Rumah pemilu | 20 September 2024, 20:10 WIB
Pelaksana harian (Plh) Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan atau Aher berbicara di sela-sela Rakernas PKS di Jakarta, Jumat (20/9/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelaksana harian (Plh) Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan atau Aher meyakini pemilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendukung pasangan calon gubernur-wakil gubernur Ridwan Kamil (RK) dan Suswono di Pilkada Jakarta 2024. 

Menurut dia, pemilih Anies saat Pilpres 2024, memilih PKS dalam Pileg 2024. Aher menambahkan, survei internal menunjukkan para pemilih Anies akan memilih pasangan RK-Suswono dalam Pilkada 2024. 

"Karena gini, kan perlu diingat oleh teman-teman bahwa pemilih Anies itu juga pemilih PKS," kata Aher di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS di Jakarta, Jumat (20/9/2024). 

Baca Juga: Pengamat Sebut Pemilih Anies Baswedan Banyak Terlimpah ke Pasangan Ridwan Kamil-Suswono

"Pada saat ada silang pendapat di sosmed, tentu pemilih PKS kan dikenal sebagai strong voter kan, ya balik ke PKS lagi. Terbukti baliknya kan," imbuhnya. 

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menyebut dirinya tak ragu bila pemilih Anies yang juga memilih PKS, akan memilih pasangan RK-Suswono. 

"Mengapa terbukti? Karena setelah disurvei masih tetap setia ke PKS, jadi itu ceritanya. Baik. Jadi insyaallah berdasarkan hasil telaah dan survei kita, pasangan RK-Suswono posisinya sementara unggul ya," ujarnya. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menyebut mayoritas pemilih Anies akan memilih pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Ridwan Kamil Buka Peluang Gunakan APBD untuk Program Makan Bergizi Gratis

Menurut Djayadi, selama setahun terakhir, terutama pascapemilu legislatif 2024, memang ada tiga nama yang selalu berada di posisi teratas dalam survei Pilkada Jakarta, yaitu Anies, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Ridwan.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU