> >

BPBD Imbau Warga Jakarta Waspada Gempa Megathrust, Ini yang Perlu Disiapkan

Peristiwa | 19 September 2024, 09:25 WIB
BPBD DKI Jakarta minta warga Jakarta waspada gempa megathrust. (Sumber: www.rnz.co.nz)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat Jakarta untuk selalu mewaspadai potensi adanya gempa megathrust.

Gempa megathrust adalah gempa bumi berkekuatan besar yang dapat mencapai magnitudo hingga 9,9, dan berpotensi menimbulkan tsunami.

Hingga saat ini, kapan terjadinya gempa megathrust tidak bisa diprediksi. BPBD berharap masyarakat Jakarta bisa menyiapkan diri terkait potensi terjadinya gempa bumi berkekuatan besar atau megathrust.

Persiapan Gempa Megathrust

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan mengatakan, salah satu persiapan gempa megathrust yang bisa dilakukan yaitu menyiapkan tas darurat yang berisi barang-barang penting untuk diselamatkan saat bencana.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5 Guncang Kabupaten Bandung, BMKG: Diakibatkan Adanya Pergeseran Sesar

"Misalnya untuk kejadian range-nya (kisaran) tiga hari sampai seminggu. Itu kebutuhan-kebutuhan dasar tentunya seperti pakaian, obat-obatan, lalu surat-surat penting bisa disiapkan di emergency bag," kata Yohan di Balai Kota Jakarta, Rabu (18/9/2024), dikutip dari Antara.

Selain itu, masyarakat juga bisa mengamankan dokumen penting dengan melakukan pemindaian (scan) dan menyimpan datanya di ponsel.

Hal ini untuk mengantisipasi agar apabila terjadi bencana, surat-surat tersebut pun tetap tersimpan dengan aman.

Tak kalah penting, Yohan juga mengimbau agar masyarakat menyiapkan uang tunai dalam tas darurat tersebut.

Sebab, pada saat bencana, mungkin saja jaringan telekomunikasi hilang, sehingga transaksi perbankan seperti transfer atau penggunaan QRIS tidak dapat dilakukan.

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU