> >

Rekayasa Lalu Lintas Saat Kunjungan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Hari Ini

Humaniora | 4 September 2024, 07:48 WIB
Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 dalam perjalanan terpanjang kepausannya, dengan harapan dapat menyemangati komunitas Katolik dan merayakan tradisi kerukunan antarumat beragama di negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. (Sumber: AP Photo/Gregorio Borgia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus akan berkunjung di sejumlah lokasi di Jakarta pada Rabu (4/9/2024). Rencananya pada pukul 09.30 WIB Paus akan berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta.

Paus dijadwalkan akan berada di lokasi selama 1,5 jam yang disambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Seusai pertemuan dengan Jokowi, mereka akan menyampaikan pernyataan pers di Ruang Kredensial.

Selanjutnya, Paus dijadwalkan bertemu korps diplomatik yang berada di Indonesia dan beberapa tokoh sipil di ruang utama Istana Negara.

Baca Juga: Jakarta Hari Ini Cerah Berawan, Siang Suhu Capai hingga 35 Derajat Celcius

Pemimpin Negara Vatikan itu berangkat menuju Istana Negara dengan menaiki mobil golf melalui belakang Istana merdeka dan halaman rumput Istana.

Setelah itu, Paus dijadwalkan berkunjung ke kantor perwakilan Takhta Suci di Jalan Medan Merdeka Timur.

Di lokasi tersebut, Paus rencananya akan bertemu anggota Serikat Jesus Indonesia di Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

Paus juga akan menggelar pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta pukul 16.30 WIB.

Berkaitan dengan kegiatan Paus tersebut, pemerintah Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan diakhiri dengan Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di tanggal 5 September.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : kompas.com


TERBARU