> >

Contoh Teks Doa Upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024

Humaniora | 14 Agustus 2024, 06:05 WIB
Ilustrasi kegiatan HUT RI 17 Agustus. (Sumber: Bing Image Creator)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan di seluruh penjuru negeri pada 17 Agustus 2024.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, tema peringatan HUT RI tahun ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju. Tema ini dipilih sebagai cerminan dari situasi Indonesia yang sedang bersiap menyambut ibu kota baru, Nusantara, serta bertepatan dengan periode transisi kepemimpinan.

Logo HUT RI ke-79 menampilkan angka 79 yang berbentuk melengkung dan panjang, terinspirasi oleh aliran Sungai Kapuas di Kalimantan. Filosofi dari logo ini adalah menggambarkan kebutuhan Indonesia akan semangat baru yang besar, persatuan, dan kesetaraan untuk mencapai berbagai tujuan.

Di sisi lain, sejumlah instansi pemerintah dan swasta menggelar berbagai acara untuk meramaikan peringatan HUT ke-79 RI. Di tingkat desa, biasanya diadakan panggung atau perayaan bersama warga. Sekolah dan instansi pemerintah juga menggelar acara di halaman kantor atau sekolah masing-masing.

Bagi kamu yang nantinya diberi tugas oleh sekolah atau perusahaan kamu untuk membaca doa di upacara 17-an nanti, berikut ada contoh bacaan doa Islam 17 Agustus. 

Baca Juga: HUT RI ke-79: SMK Mipha dan Kodim Temanggung Bentangkan Bendera Raksasa

Contoh Teks Doa 17 Agustus Upacara Bendera

Bismillahhirahmanirahim

Alhamdulillahi rabil 'alamin, washaratu wassallam 'wlaa saidil mursalin, wa'alaa alihi wasobihi ajmain.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi-Mu Tuhan semesta alam.

Ya Allah, pagi ini keluarga besar kami (nama sekolah) berkumpul merayakan HUT RI ke-79 tahun.Segala puji hanya diberikan kepada-Mu. Karena berkat kasih sayang-Mu, kami dapat menyelenggarakan Upacara Bendera pagi ini dengan sehat, aman, dan sejahtera.

Ya Allah, berilah kami berkah dan rahmat-Mu.

Semoga kegiatan ini bermanfaat agar tidak ada yang sia-sia dalam hidup kami semua. Di Hari Kemerdekaan Indonesia ini, tanamkan dalam diri kami semangat belajar, haus akan ilmu dan selalu berbagi. Mohon jaga dan lindungi kami agar kami dapat mengamalkan segala ilmu yang kami peroleh dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Ya Allah, mohon bimbing kami dalam pembangunan negeri ini, khususnya di bidang pendidikan. Pimpin kami dalam perjuangan melawan kebodohan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami sangat berharap pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas. Semoga generasi kami dikaruniai ilmu yang bermanfaat dalam membangun peradaban. Semoga kami dapat menjadi manusia yang berakhlak mulia, serta juga dikaruniai kecerdasan.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU