> >

Mensesneg Pratikno soal Jokowi Reshuffle Arifin Tasrif: Enggak Ada

Peristiwa | 2 Agustus 2024, 08:31 WIB
Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle terhadap Arifin Tasrif yang kini menjabat sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Enggak ada (reshuffle), enggak ada," ucap Pratikno, Kamis (1/8/2024).

Pratikno lebih lanjut menegaskan, reshuffle kabinet memang menjadi hak prerogatif presiden. Namun hingga kini, keppres hingga jadwal pelantikan untuk nama menteri baru belum ada.

"Ya siapa yang tahu kalau reshuffle itu kan, satu, kan bisa saja keputusan Bapak Presiden. Yang kedua, keppresnya yang mengetikkan di sini," kata Pratikno. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Maaf: Kami Mungkin Tidak Dapat Memenuhi Harapan Semua Pihak

"Kemudian pelantikannya yang ngurus juga sini ya, Kementerian Sekretariat Negara. Wong saya aja nggak tahu kan, nggak ada, artinya (tidak ada reshuffle)."

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle jika diperlukan. 

"Iya bisa saja kalau diperlukan, kalau diperlukan," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi kemudian dikonfirmasi soal munculnya isu reshuffle kabinet akan dilakukan untuk posisi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Merespons hal tersebut, Presiden Jokowi justru balik bertanya dari mana isu Menteri ESDM Arifin Tasrif akan diganti oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU