> >

Menkes Budi Sadikin: Kasus Covid-19 dari Singapura Pasti Masuk ke Indonesia

Peristiwa | 22 Mei 2024, 11:18 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Sumber: setkab.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan kasus Covid-19 yang sedang mengalami lonjakan drastis di Singapura kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini dikarenakan Indonesia dan Singapura merupakan negara tetangga dengan lalu lintas warga yang cukup tinggi di antara kedua negara tersebut.

"Karena Singapura tetangga ya dan traffic-nya antara Singapura dan Indonesia juga cukup tinggi, saya rasa pasti akan masuk ke Indonesia yang variannya," ungkap Budi dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/5/2024).

Meskipun demikian, berdasarkan kajian sementara terkait varian Covid-19 di Singapura, Budi memaparkan bahwa tingkat penularan dan kematiannya sangat rendah.

Oleh karena itu, jika kasus Covid-19 dari Singapura ini masuk ke Indonesia, Budi yakin hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah disuntik vaksin Covid-19.

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan Manipulasi Data, Perusahaan Asal Singapura Rugi Rp32 Miliar

Untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya varian baru dari Singapura, Budi menginstruksikan pihaknya untuk melakukan surveilans secara ketat.

"Kita lihat, nanti saya akan review biasanya seminggu sekali kita lihat laporan apakah ada varian-varian baru," ucapnya.

Jangan Panik

Budi meminta masyarakat Indonesia agar tidak perlu panik jika kasus Covid-19 dari Singapura masuk ke Indonesia.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU