> >

Terungkap, Modus Korupsi SYL, Bikin Perjalanan Dinas Fiktif dengan Pinjam Nama Pegawai Kementan

Hukum | 8 Mei 2024, 15:40 WIB
Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo atau SYL dalam sidang lanjutan kasusnya tersebut di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Modus mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL dalam melakukan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian atau Kementan terungkap dalam persidangan lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi.

Salah satu saksi yang dihadirkan dalam persidangan adalah Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Hermanto.

Dalam kesaksiannya, Hermanto mengaku membuat perjalanan dinas fiktif demi memenuhi berbagai permintaan SYL yang tidak ada di dalam anggaran Kementan.

Baca Juga: Update Sidang SYL: Eks Anak Buah Ungkap Kementan Dibebani Beli 12 Sapi Kurban senilai Rp360 Juta

Dia menyebut, perjalanan dinas fiktif itu dilakukannya dengan cara membuat Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) kepada pegawai tertentu. Padahal, faktanya tidak ada perjalanan dinas yang dilakukan.

"Untuk nama yang melakukan perjalanan dinas kami pinjam nama," kata Hermanto dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (8/5/2024), seperti dikutip dari Antara

Dia menjelaskan, pegawai yang dipinjam namanya untuk SPPD fiktif tersebut biasanya sudah mengetahui bahwa namanya akan dipinjam untuk perjalanan dinas fiktif.

Pegawai yang dipinjam namanya itu, kata Hermanto, biasanya juga sudah memaklumi bahwa peminjaman nama untuk SPPD fiktif itu harus dilakukan agar anggaran perjalanan dinas fiktif tersebut bisa cair demi memenuhi permintaan SYL itu.

Selain membuat perjalanan fiktif, Hermanto mengatakan dirinya turut menyiasati atau menyisihkan dana dari dukungan manajemen perjalanan pegawai lainnya untuk memenuhi permintaan SYL.

Baca Juga: Terjerat Kasus Pemerasan dan Gratifikasi di Kementan, SYL: Berapapun Hukumannya Saya Siap

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU