> >

Menhub Sarankan Masyarakat Mudik H-10 hingga H-5 Lebaran, Cegah Kepadatan saat Puncak Arus Mudik

Peristiwa | 1 April 2024, 06:20 WIB
Foto Arsip. Menteri Perhubungan (Menhub) mengimbau masyarakat untuk melakukan mudik mulai H-10 hingga H-5 Lebaran 2024. (Sumber: Dok. Kemenhub)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) mengimbau masyarakat untuk melakukan mudik mulai H-10 hingga H-5 Lebaran 2024.

Hal tersebut, kata, Budi, sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya secara khusus menyampaikan berkaitan dengan waktu mudik. Presiden menginformasikan atau menyarankan bahwa mudik kalau bisa H-10 sampai H-5 (Lebaran 2024)," kata Menhub dalam konferensi pers, di Polda Jateng, Semarang, Minggu (31/3/2024).

Ia pun mengatakan jika masyarakat mudik direntang waktu tersebut, maka berpotensi mengurangi kepadatan lalu lintas pada H-4 Lebaran 2024 yang diprediksi sebagai puncak arus mudik.

"Karena H-4 itu puncaknya (arus mudik), dan apabila itu dilaksanakan mungkin puncak mudik itu tidak terjadi dengan padat," jelasnya.

Meski masyarakat memilih mudik ketika waktu puncaknya, kepolisian telah menyiapkan sekenario. Skenario itu juga telah siap untuk dilakukan.

“Bahwa kakorlantas menyiapkan skenario itu kalau lebih ringan lebih bagus. Itu bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi? Ingat Tips dari Praktisi Otomotif ini agar Perjalanan Aman

Diberitakan sebelumnya, Presiden  Jokowi mengimbau masyarakat untuk mudik Lebaran 2024 lebih awal.

"saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal," ujar Jokowi di Mercure Convention Center, Jakarta, Kamis (28/3).

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU