> >

Heboh Soal Asam Folat, Anies Ikut Beri Tanggapan: Didapat dari Tanaman, bukan di Bengkel

Rumah pemilu | 5 Desember 2023, 18:49 WIB
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan saat berkampanye di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). (Sumber: Kompas TV)

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan terlihat memanfaatkan momen 'keseleo lidah' calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang menyebut “ibu hamil butuh asam sulfat.”

Anies menekankan bahwa yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat, dan vitamin ini tidak bisa didapatkan di bengkel.

Hal tersebut disampaikan Anies ketika ditanya masalah stunting dalam acara “Desak Anies” di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, moderator bertanya kepada Anies soal masalah stunting dan program makan siang gratis anak sekolah yang diusung paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Nusron Wahid: Prabowo-Gibran Siap Debat dengan Format Apa pun, Bahasa Inggris tanpa Teks Kami Siap

Anies pun menjawab bahwa penanganan stunting harus dilakukan jauh sebelum anak memasuki usia sekolah, yakni ketika perempuan masih menjadi calon ibu. 

"Menangani stunting itu tidak pada usia sekolah, menangani stunting itu sebelum ibu hamil. Jadi, kesehatan calon ibu itu sudah harus dipikirkan,” kata Anies.

“Dan calon ibu membutuhkan zat besi. Zat besi dapatnya dari mana? Dari daging, makanan. Kemudian adalah yodium, yang ketiga asam folat. Asam folat itu didapatnya dari tanaman, bukan di bengkel,” lanjutnya.

“Bukan asam sulfat berarti, ya (yang dibutuhkan ibu)?” tanya moderator.

"Asam folat," jawab Anies.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU