> >

Tok! Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Masa Berlaku SIM Seumur Hidup, Ini Alasannya

Hukum | 14 September 2023, 17:21 WIB
Ilustrasi SIM. Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pemohon yang meminta masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup.(Sumber: Polri.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pemohon yang meminta masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup.

Gugatan uji materi terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) terkait masa berlaku SIM ini diajukan oleh seorang advokat bernama Arifin Purwanto.

Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan menilai permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum, sehingga permohonan ditolak untuk seluruhnya.

"Pokok permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya," kata Anwar Usman dalam Sidang Pengucapan Putusan Perkara No. 42/PUU-XXI/2023, di Gedung MK, Kamis (14/9/2023).

"Berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan seterusnya, amar putusan, mengadili, menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," ujarnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Mahkamah Konstitusi RI.

Dijelaskan hakim konstitusi, dalil pemohon yang meminta agar masa berlaku SIM disamakan dengan KTP elektronik (KTP-el) tidak dapat diterima karena dua dokumen tersebut berbeda fungsinya.

Hakim konstitusi Enny Nurbaningsih menjelaskan KTP-el adalah dokumen kependudukan yang wajib dimiliki semua warga negara Indonesia (WNI).

Sedangkan untuk SIM merupakan dokumen surat izin dalam mengemudi kendaraan bermotor yang tidak wajib dimiliki semua WNI.

Baca Juga: Soal Usulan SIM Seumur Hidup, Kemenkeu: Negara Kehilangan Rp650 M dan Anggaran Polri Terdampak

Di sisi lain SIM berfungsi sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap pengemudi dan data pada registrasi pengemudi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU