> >

Pratikno Sebut Pembentukan Pansel Capim KPK Sedang Difinalisasi, Mulai Kerja Bulan Depan

Politik | 24 Mei 2023, 20:56 WIB
Foto Arsip. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan saat ini pemerintah tengah melakukan finalisasi pembentukan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg Pratikno mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah melakukan finalisasi pembentukan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pansel ini nantinya bertugas menjalankan tahapan seleksi untuk memilih para calon pimpinan KPK jilid VI yang bertugas pada 2023-2027.

"Saat ini pemerintah sedang finalisasi pembentukan pansel KPK," kata Pratikno dalam siaran persnya, Rabu (24/5/2023).

Mengingat, kata dia, jika merujuk pada Undang-undang KPK masa jabatan para pimpinan KPK adalah 4 tahun.

Hal ini mengartikan bahwa pimpinan KPK sekarang, yakni Firli Bahuri dkk masa jabatannya akan berakhir tahun ini atau tepatnya pada 20 Desember 2023 mendatang. 

Sebab itu, diharapkan Pansel sudah dapat bekerja sebelum pertengahan Juni.

Sehingga, lanjut Pratikno, akan tersedia cukup waktu bagi Pansel untuk mencari sosok terbaik guna memimpin KPK.

Baca Juga: Penyidik KPK Geledah Kemensos Terkait Bansos Beras 2020

"Nanti Pansel KPK yang akan kita bentuk, kita harapkan sudah mulai bekerja sebelum pertengahan bulan Juni 2023 ini. Masih ada waktu 6 bulan lah untuk proses seleksi," jelasnya.

"Sebagaimana pengalaman seleksi pejabat publik selama ini, 6 bulan ini waktu yang cukup untuk temukan putra putri terbaik ya," imbuhnya.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU