> >

Mahfud Tegas Indonesia Tak Berhubungan Diplomatik dengan Israel, tapi Cari Jalan Piala Dunia Digelar

Politik | 27 Maret 2023, 20:50 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (Sumber: Kompas TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memastikan pemerintah akan mencari jalan keluar terkait polemik keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Meski demikian, Mahfud menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki dan tidak akan melakukan hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina belum merdeka.

"Ya kita jalani proses-proses ini untuk dicari jalan keluar," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2023) dikutip dari Kompas.com.

Menurut Mahfud, Presiden Sukarno telah menyuarakan sikap ini melalui forum PBB, KAA, dan bahkan mengadakan ajang olahraga Ganefo (Pesta Olahraga untuk Negara-negara Berkembang) sebagai bentuk perlawanan atas imperialisme.

Baca Juga: Pemerintah Berencana Lobi FIFA di Zurich, Upayakan Piala Dunia U-20 Tetap Digelar di Indonesia

"Bagi Bung Karno, Israel itu imperialis," jelasnya.

Namun, Mahfud juga menekankan Indonesia ingin bergaul di dunia internasional. Caranya adalah dengan menjadikan olahraga sebagai salah satu pintu masuknya.

Oleh karena itu, pemerintah akan mencari jalan keluar dengan mempertimbangkan kedua pandangan tersebut.

"Kita olah kedua pandangan ini agar Indonesia tetap jaya dan sejahtera, maju, dan tetap tidak akan mendukung Israel," tuturnya.

"Tetap akan mendukung kemerdekaan Palestina, dan tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama Palestina tidak diakui sebagai sebuah negara oleh Israel," tegas Mahfud.

Penulis : Danang Suryo Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com/Antara


TERBARU