> >

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Polri Siagakan Pasukan untuk Mitigasi Bencana

Peristiwa | 28 Desember 2022, 09:35 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem. Polri menyiagakan seluruh personel untuk mewaspadai bencana alam yang berpotensi terjadi saat cuaca ekstrem melanda, hari ini, Rabu (28/12/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian RI (Polri) menyiagakan seluruh personel untuk mewaspadai bencana alam yang berpotensi terjadi saat cuaca ekstrem melanda, hari ini, Rabu (28/12/2022).

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan pihaknya telah melakukan analisis dan evaluasi terkait potensi cuaca ekstrem di Indonesia.

Mereka kemudian meminta seluruh personel yang berada di setiap wilayah untuk bersiaga.

“Pak Wakapolri sudah mengarahkan untuk mempersiapkan pasukan SAR dan sarana prasarana untuk menghadapi situasi-situasi kontijensi bencana alam,” kata Dedi, Rabu dikutip dari Antara.

Baca Juga: Simpang Siur Istilah Cuaca Ekstrem dan Badai Dahsyat, Kepala BMKG: Percayakan ke Lembaga Operasional

Analisis dan evaluasi ini diikuti oleh Kepolisian Daerah (Polda) dan Kepolisian Sektor (Polsek) dari seluruh Indonesia.

Hasilnya, yakni pengarahan kepada masing-masing Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk melakukan langkah mitigasi jika nantinya terjadi bencana alam.

"Para Kasatwil sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk memetakan kerawanan-kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayah masing-masing," jelas Dedi.

Ia juga memerintahkan para Kasatwil untuk mematangkan rencana kontijensi secara maksimal. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan saat bencana terjadi.

Baca Juga: Badai Dahsyat Benarkah akan Terjadi Hari Ini, 28 Desember? BMKG dan BRIN Punya Pandangan Berbeda

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU





A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: