> >

Ricuh di Keraton Solo: Cucu Raja Ditodong Pistol dan 4 Orang Dilarikan ke RS

Peristiwa | 24 Desember 2022, 12:34 WIB
Suasana di Kori Kamandungan usai kericuhan geger Keraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jumat (23/12/2022). (Sumber: Tribun Solo/Ahmad Syarifudin)

SOLO, KOMPAS.TV - Selain mengupayakan mediasi antara dua kubu diduga penyebab geger di Keraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Jumat (23/12/2022) malam, Polresta Solo bakal mendalami terjadinya dugaan pidana.

Dalam peristiwa kericuhan Keraton Solo semalam, diduga ada 50 orang terlibat dan mengakibatkan 4 orang dilarikan ke rumah sakit.

Cucu Sri Susuhunan Pakubuwono (PB) XIII, BRM Suryo Mulyo bahkan mengaku ditodong senjata api oleh seorang mengaku sebagai aparat keamanan, sambil didorong-dorong. 

Cucu yang lain, BRM Yudhistira Rachmat Saputro, juga terluka dan dipukul punggungnya.

Lalu putri kedua PB XIII, GRAy Devi Lelyana Dewi dipukul tangannya memakai bambu hingga memar.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi lantas mengatakan, pihaknya ingin geger Keraton Solo diselesaikan dengan komunikasi yang baik antara keluarga Keraton Solo yang diduga berseteru. 

"Kami menyarankan untuk diselesaikan secara baik-baik dengan komunikasi antarkeluarga," paparnya, Jumat (23/12) malam dilansir kompas.com.

Baca Juga: Soal Geger Keraton Solo, Putra Mahkota Paku Buwono XIII Buka Suara: Semoga dapat Solusi

Meski begitu, pihaknya bakal mendalami dugaan pidana dalam kekerasan dalam geger keraton Solo tersebut. 

"Namun demikian jika memang ada hal-hal yang sekiranya itu dilaporkan kepada kami juga tindak pidana," papar mantan Dirlantas Polda DI Yogyakarta itu.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Tribun Solo


TERBARU