> >

Presiden Jokowi akan Tinjau Langsung Korban Gempa Cianjur, Pilih Jalur Darat Kendarai Mobil

Update | 22 November 2022, 13:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi empat arahan penanggulangan kasus gagal ginjal akut pada anak dalam Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

CIANJUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa, (22/11/2022) pukul 11.25 WIB untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Meski bisa menggunakan helikopter, Presiden Jokowi memilih perjalanan menuju Cianjur menggunakan kendaraan roda empat.

“Presiden lebih memilih menggunakan mobil untuk memastikan akses jalan yang sempat tertutup akibat gempa, sudah kembali terbuka,” kata Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Bey menjelaskan bahwa Presiden ingin memastikan bantuan logistik, seperti makanan, minuman, obat-obatan, sembako, dan bantuan lainnya tidak menemui hambatan dalam pengiriman.

Setibanya di lokasi, Presiden akan meninjau langsung dampak bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin, (21/11/2022) pukul 13.21 WIB kemarin. 

Beberapa lokasi yang akan ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi, yakni rumah sakit, daerah terdampak bencana, dan juga posko pengungsian.

Baca Juga: Angkot Berisi 15 Siswa Tertimbun Longsor akibat Gempa Cianjur, Masih Proses Evakuasi

Sebelumya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah tiba di Cianjur.

Muhadjir mengabarkan bahwa jumlah korban meninggal masih perlu dipastikan lagi karena masih simpang siur.

"Sampai sekarang angkanya belum bisa dipastikan, untuk angka sementara sekitar 162 orang meninggal dunia," kata Menko PMK Muhadjir melalui konferensi pers yang ditayangkan dalam program Breaking News KOMPAS TV, Selasa (22/11/2022) pukul 09.05 WIB.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU