> >

Jokowi Sebut Papua Layak Jadi Provinsi Olahraga, Ini Alasannya

Peristiwa | 31 Agustus 2022, 11:28 WIB
Momen Jokowi bersama anak-anak Papua, Rabu (31/8/2022). (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Papua sangat layak untuk disebut sebagai provinsi olahraga.

Menurutnya, banyak bibit olahraga berbakat yang lahir dari provinsi paling timur di Indonesia tersebut.

Selain sepakbola, Kepala Negara juga menyoroti kekuatan yang dimiliki Papua di cabang olahraga lainnya, mulai dari atletik hingga dayung.

Pernyataan tersebut, disampaikannya seusai meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Rabu (31/8/2022).

"Kita melihat talenta-talenta utamanya di bidang olahraga, Papua ini memiliki kekuatan. Sehingga wajar kalau kita sampaikan Papua sebagai provinsi olahraga," kata Jokowi seperti dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Karena tidak hanya sepak bola saja, ada atletik, dan dayung dan yang lain-lain, semuanya ada."

Melihat bakat-bakat muda Papua, Jokowi pun meminta pembinaan dan pelatihan terhadap para atlet dilakukan sejak dini.

Dia kemudian menyinggung terkait Papua Football Academy yang baru saja diresmikan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar dapat mengasah talenta muda Papua hingga dapat masuk ke elite sepak bola nasional seperti para legenda sepak bola asal Tanah Papua.

Baca Juga: Saat Jokowi Main Bola dengan Anak-anak Papua, Sebut Legenda Rully Nere, Boaz Solossa hingga Kambuaya

"Ini kalau dimulai pembinaannya sejak dini, seperti tadi di Papua Football Academy dimulainya sejak umur 12 tahun, 13 tahun, mereka nanti akan bisa masuk ke (Tim Nasional Sepak Bola) U-14, masuk ke U-16, U-19, kemudian masuk ke elit persepakbolaan di Indonesia maupun di dunia," jelasnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU