> >

Pemerintah Buka Opsi Vaksinasi Booster Bakal Jadi Syarat Perjalanan dan Masuk Mal

Kesehatan | 4 Juli 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi. Pemerintah membuka opsi vaksinasi booster jadi syarat perjalanan dan masuk mal. (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah membuka opsi vaksinasi booster jadi syarat perjalanan dan masuk mal. Hal tersebut dilakukan sebagai inovasi untuk meningkatkan angka vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat yang masih rendah.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dalam konferensi pers terkait rapat terbatas evaluasi ppkm di Istana Negara, yang dipantau secara daring, Senin (4/7/2022).

 "Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," kata Airlangga, Senin (4/7).

Ia mengatakan penerapan dilatarbelakangi oleh pencapaian vaksinasi booster yang berdasarkan data Kementerian Kesehatan baru mencapai 24,5 persen dari target. Karena pencapaian itu, dalam rapat dengan para menteri awal pekan ini, Jokowi meminta vaksinasi sebagai syarat perjalanan hingga masuk mal perlu dikaji. 

Baca Juga: Menkes Ungkap Gelombang Varian BA4 dan BA5 di Indonesia Tidak Separah Negara Lain, Ini Alasannya

Lebih lanjut Airlangga menegaskan, secara umum Presiden Jokowi meminta agar capaian vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster terus ditingkatkan.

Ketua umum Partai Golkar ini juga memaparkan, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua di beberapa daerah di luar Jawa-Bali bahkan masih di bawah 50 persen. Diantaranya seperti di Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

"Khusus untuk di luar Jawa-Bali yang masih di bawah 50 persen itu ada di Maluku, Papua Barat dan Papua untuk dosis kedua. Dan rata-rata dosis ketiga masih di bawah 20 persen," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah juga ingin menerapkan syarat vaksin booster untuk masuk tempat keramaian. Salah satunya mal.

Menurut Budi, cara tersebut merupakan strategi untuk membuat angka vaksinasi Covid-19 menjadi tinggi. Ia menilai, vaksinasi sebagai syarat perjalanan dan masuk mal pernah berhasl mendongkrak tingkat vaksinasi dosis kedua.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU