> >

Gempa Pasaman Barat, BNPB: 2 Orang Meninggal Dunia dan 20 Orang Luka-luka

Peristiwa | 25 Februari 2022, 13:02 WIB
Salah satu bangunan SD 19 Kinali yang mengalami kerusakan akibat gempa 6,2 magnitudo, Jumat (25/2/2022). (Sumber: Twitter/@DaryonoBMKG)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan ada korban jiwa akibat gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (25/2/2022).

Korban jiwa akibat gempa Pasaman Barat setidaknya tercatat 2 orang meninggal dunia dan 20 orang lainnya luka-luka.

"Barusan saja kami dapat informasi ternyata sudah ada yang korban jiwa yaitu di Kabupaten Pasaman Barat dan data-data yang menyatakan 2 orang meninggal dunia, 20 orang luka-luka," kata Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers secara daring yang juga diikuti KOMPAS.TV, Jumat (25/2/2022).

Sementara itu, terkait kerusakan bangunan pihaknya menerima laporan bahwa satu unit sekolah rusak berat dan 3 unit bangunan mengalami rusak ringan, termasuk kantor Bupati Pasaman Barat.

"Sementara yang satu unit SDN rusak berat, 1 unit (kantor) bank cabang pembantu Simpang Pasaman Barat rusak sedang, 1 balairiung mengalami rusak, dan Kantor Bupati Pasaman Barat rusak sedang," ucapnya.

Suharyanto menyebut bahwa data korban itu bakal terus diperbarui nantinya. Saat ini, kata dia, pihaknya masih terus melakukan pendataan dampak bencana.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa di Sumbar Terakhir Kali Terjadi 2009, Berikut Riwayat Kekuatan hingga Dampaknya

"Kami akan terus melakukan pengumpulan data terkait kerusakan baik itu milik perorangan ataupun pemerintah. Setelah selesai kami akan duduk bersama dengan pemerintah daerah untuk segera menyusun, menyiapkan, dan melaksanakan tahap tahap rekonstruksi dan rehabilitasi," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Sumatera Barat (Sumbar) dengan berpusat di Kabupaten Pasaman Barat.

Dari data BMKG, gempa tersebut terjadi di 0,14 Lintang Utara dan 99,99 Bujur Timur dan tidak menimbulkan tsunami.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU