> >

Siap-siap! Akhir Tahun Ini, Cukup Gunakan Ponsel untuk Bayar Tol

Indonesia update | 15 Februari 2022, 18:18 WIB
Ilustrasi. Rencananya, pada akhir tahun 2022 ini, pemerintah bakal mulai menerapkan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Dengan begitu, pengendara tak perlu lagi tap kartu uang elektronik untuk bayar tarif tol, karena hal tersebut dilakukan lewat ponsel. (Sumber: Waskita Karya)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menargetkan untuk menerapkan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai akhir tahun ini atau Desember 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan, sistem tersebut bakal memudahkan pengguna jalan tol dalam melakukan pembayaran nontunai.

Saat sistem MLFF telah berjalan, pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh aplikasi electronic-on board unit bernama Cantas di ponselnya. Jadi mereka tidak perlu lagi melakukan tap kartu uang elektronik di gerbang tol.

"Nantinya, satelit akan mengenali ponsel Anda dan saldo dalam dompet elektronik (e-wallet) akan berkurang otomatis," kata Danang dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Selain Dalam Kota, Ada 11 Ruas Tol di Sejumlah Wilayah yang Bakal Naik, Ini Daftarnya

Adapun, mengenai cara kerjanya, Danang menerangkan bahwa aplikasi tersebut akan memanfaatkan GPS di ponsel agar satelit dapat menentukan lokasi pengguna.

Usai satelit melakukan determinasi lokasi, kemudian proses map-matching akan berjalan di central system.

Singkatnya, saat kendaraan pengguna aplikasi Catas keluar jalan tol dan proses map-matching berakhir, sistem pun segera melakukan kalkulasi tarifnya.

Namun, untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, tentu para pengguna jalan tol wajib melakukan pendaftaran terlebih dulu agar plat nomor kendaraannya terhubung dengan sistem.

Baca Juga: Catat! Besaran Tarif Baru Tol Dalam Kota Jakarta 2022, Berlaku Sebentar Lagi

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU