> >

5 Obat Ini Tak Lagi Bisa Dipakai untuk Pasien Covid-19, IDI Beri Penjelasan Detailnya

Kesehatan | 6 Februari 2022, 18:29 WIB
Ilustrasi obat Covid-19. (Sumber: DW News)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak lima obat Covid-19 kini terbukti sudah tidak efektif atau bermanfaat untuk mengobati orang yang terinfeksi virus Corona.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban pun menyebutkan, kelima obat tersebut adalah Ivermectin, Klorokuin, Oseltamivir, Azithromycin, dan Plasma Convalescent.

"Untuk Oseltamivir dan Azithromycin itu, ada lima perhimpunan profesi yang menyatakan bahwa tidak boleh dipakai lagi," kata Zubairi dilansir dari Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun, lanjut Zubairi, telah mengeluarkan keputusan untuk tidak lagi menggunakan kelima obat tersebut.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Obat Telemedisin bagi Pasien Covid-19 Tiba Dalam Hitungan Jam

Sebelumnya, melalui akun Twitter pribadinya, Zubairi sempat menjelaskan secara detail kenapa obat-obat tadi tidak bisa lagi dipakai untuk pengobatan pasien Covid-19.

KOMPAS TV telah memperoleh izin dari Zubairi untuk mengutip cuitan-cuitan terkait.

"Obat-obat yang dulu dipakai untuk Covid-19 dan kini terbukti tidak bermanfaat, bahkan menyebabkan efek samping serius pada beberapa kasus," tulis Zubairi di akun @ProfesorZubairi, Sabtu (5/2/2022).

Pertama, Zubairi menerangkan bahwa Ivermectin tak bisa lagi menjadi obat Covid-19 karena banyak pasien yang memerlukan perhatian medis hingga rawat inap, setelah mengonsumsinya.

Kemudian, untuk Klorokuin, Zubairi mengatakan, walaupun sempat dipakai oleh ratusan ribu pasien Covid-19 di dunia, namun kemudian terbukti berbahaya bagi jantung.

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU