> >

Kondisi Cuaca Dapat Turunkan Imun, Lakukan ini Agar Tak Mudah Sakit

Kesehatan | 16 November 2021, 05:48 WIB
Ilustrasi musim human bisa pengaruhi penurunan system imun. Oleh karena itu penting untuk menjaga ketahanan tubuh.  (Sumber: scroll.in)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sistem imun bisa menurun karena kondisi cuaca. Tak sedikit orang menjadi lebih mudah sakit pada saat datangnya musim hujan, apalagi jika mempunyai alergi.

Hal itu dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, sebagai spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Oleh karena itu, memasuki musim hujan, orang harus lebih memperhatikan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit.

"Dalam menjaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan harus benar-benar diperhatikan. Terutama bagi para pekerja yang sudah bekerja di kantor atau Work From Office (WFO) dan anak-anak yang sudah menjalani kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi, pastikan agar tidak jajan sembarangan di tempat umum," kata Iris, Senin (15/11/2021), dilansir dari Antara.

Mengonsumsi jahe saat musim hujan apalagi di tengah pandemi, menurutnya, sangat baik untuk tubuh. Selain itu, yang tak kalah penting adalah vitamin A, B, C, D, dan E lantaran memiliki khasiat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Banyak Nyamuk di Rumah saat Musim Hujan? Ini 5 Faktor yang Jadi Pemicunya

"Jahe boleh karena hangat, ya. Di dunia kedokteran juga sangat bagus. Di samping itu, vitamin A, B, C, D, dan E, itu harus kita konsumsi," katanya.

Asupan bervitamin

Ada banyak yang makanan yang menjadi sumber vitamin C di antaranya, pepaya, stroberi, mangga, jeruk, dan kiwi.

Kemudian, vitamin A bisa didapatkan dari sumber hewani seperti hati sapi, keju, mentega, dan sumber nabati seperti wortel, paprika merah, ubi jalar, dan bayam.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU