> >

3 PR Besar Menanti Calon Panglima TNI Andika Perkasa

Peristiwa | 4 November 2021, 12:53 WIB
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat militer yang juga Direktur Indonesia Intelligence Institute, Ridlwan Habib menyebut beberapa pekerjaan rumah menanti Jenderal TNI Andika Perkasa jika sudah ditetapkan sebagai Panglima TNI baru. 

"Pekerjaan rumah Panglima TNI banyak, ya, walaupun kita tahu kepemimpinan Pak Hadi juga sudah sangat baik. Tetapi setidaknya, yang mendesak itu ada tiga hal," kata Habib kepada KOMPAS.TV, Kamis (4/11/2021). 

Pertama, kata Habib, adalah membantu pemerintah melakukan penanganan pandemi Covid-19. Karena bagaimanapun juga, lanjutnya, TNI adalah garda terdepan membantu pemerintah menyalurkan vaksin dan mengirimkan bantuan ke pulau-pulau terpencil. 

"Itu adalah domain yang bisa dilakukan oleh TNI," terang Habib. 

Baca Juga: Jejak Jenderal Andika Jadi Calon Panglima TNI dan Relasi Hendropriyono

Kedua, perbaikan internal di Mabes TNI. Perbaikan yang dimaksud Habib termasuk soal kesejahteraan prajurit. 

Kendati begitu, Habib sendiri optimis dengan 13 bulan kedepan, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) itu mampu memenuhinya dengan segala pengalaman yang telah dilaluinya.

Habib memisalkan, saat menjabat KASAD, Andika sangat peduli dengan dengan anggotanya. 

"Ada beberapa contoh, misalnya, membangun rumah untuk prajurit di Batalyon 403 Yogyakarta yang awalnya sangat-sangat tidak layakn, kemudian di kepemimpinan Pak Andika dibangun dengan sangat bagus," jelas Habib. 

Habib juga memisalkan, kejadian April lalu, saat anggotanya di Kodim Magelang sakit karena kakinya cacat akibat tugas dan perlu kaki palsu, oleh Andika diterbangkan langsung ke Jakarta dan dirawat di rumah sakit.

Penulis : Hedi Basri Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU