> >

Satu dari 4 Orang Usia 25 Tahun Menderita Stroke, Waspadai Penyakitnya Agar Terhindar dari Madesu

Kesehatan | 28 Oktober 2021, 15:43 WIB
Ilustrasi stroke. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Stroke umumnya menyerang mereka yang sudah berusia senja. Namun, ternyata pembunuh nomor 1 ini juga bisa dialami orang-orang di usia produktif.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat penderita stroke mencapai jutaan orang tiap tahunnya.

“Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih dari 13,7 juta jiwa penduduk dunia terserang kasus stroke baru per tahun,” ujar Dokter spesialis saraf Dodik Tugasworo, melansir Antara, Kamis (27/10/2021).

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Stroke

Dodik mengatakan bahwa satu dari empat orang berusia 25 tahun akan mengalami stroke dan 60 persen dari kasus stroke dialami oleh orang berusia kurang dari 70 tahun alias usia produktif.

Pemulihan penyakit stroke membutuhkan waktu yang cukup banyak. Apabila penyakit ini menyerang usia muda, tentunya akan berdampak pada keberlangsungan kariernya.

“Masih mudah sudah madesu (masa depan suram),” katanya.

Stroke juga menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia, di mana angka kematian akibat storke mencapai 147,19 per 100.000 populasi.

“Penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Indonesia ditempatkan ranking ketujuh di seluruh dunia,” jelas Dodik.

Kematian akibat stroke ini terjadi karena sel saraft otak yang mati di area sumbatan. Apabila sumbatan tersebut tidak segera ditangani, maka 1,9 juta sel saraf otak akan mati setiap menitnya.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU