> >

Wagub Riza Yakin DKI Capai Herd Immunity, tapi Prokes Tidak Boleh Kendor

Peristiwa | 30 September 2021, 20:58 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, seharusnya DKI Jakarta dapat mencapai herd immunity atau kekebalan komunal. Hal ini berdasarkan data vaksinasi warga yang semakin tinggi dan angka penularan yang terus menurun.

Ahmad Riza Patria menyebut, angka vaksinasi di DKI Jakarta kini telah mencapai 70 persen lebih  dari total jumlah warga.

“Kalau lihat data, sudah lebih dari 70 persen. Harusnya sudah demikian (herd immunity). Kita lihat dengan penyebaran Covid-nya kan semakin menurun secara signifikan,” tuturnya.

Baca Juga: Ini Desa Pertama di Bantul yang Diklaim Mencapai Herd Immunity

Menurutnya, dengan tingkat penyebaran Covid-19 yang juga menurun, artinya upaya pemerintah dan warga DKI menerapkan 3 T yakni tracing, testing, dan treatment telah berhasil.

“Artinya upaya 3T berhasil. Upaya meningkatkan vaksin berhasil, terbukti dengan penyebaran semakin kecil,” paparnya.

Namun dia menyatakan, keberhasilan tersebut tidak boleh membuat masyarakat abai. Penerapan protokol kesehatan harus terus dilaksanakan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Sasar Siswa Jelang PTM di Beberapa Daerah Indonesia

“Tidak boleh euforia,” tandas Riza.

Menurutnya, seluruh warga DKI harus tetap mewaspadai munculnya gelombang ketiga Covid-19. Karena itu, setiap warga harus tetap memiliki rasa tanggung jawab untuk melawan penyebaran Covid-19.

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU