> >

Sekjen PDI Perjuangan: Sabam Sirait Mengajarkan Politik itu Suci

Politik | 30 September 2021, 14:32 WIB
Politisi senior dan pendiri PDI Perjuangan Sabam Sirait meninggal dunia di RS Siloam Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (29/9/2021) malam. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan politisi senior Sabam Sirait memberikan pelajaran penting bagi seluruh kader PDIP.

Hasto menjelaskan almarhum Sabam Sirait menegaskan bahwa politik itu suci. Hal ini menjadi pegangan bagi seluruh kader PDIP dalam menjalankan tugas mengemban amanat yang diberikan.

Selain wejangan yang terus dijalankan oleh kader partai almarhum Sabam Sirait merupakan tokoh penting dalam sejarah PDI dan PDI Perjuangan. 

Baca Juga: Kenangan Anies pada Almarhum Sabam Sirait: Sepanjang Hidupnya Berjuang untuk Rakyat

Sabam Sirait dikenal sebagai deklarator ketika fusi partai yang dilakukan pada tahun 1973 menjadi PDI.

"Pagi ini saya melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan bela sungkawa yang mendalam," ujar Hasto dalam pesan tertulisnya, Kamis (30/9/2021).

Sabam Sirait tutup usia di umur 85 tahun. Ayah politisi PDIP Maruarar Sirait ini menghembuskan napas terakhir pada pukul 22.37 WIB, Rabu (29/9/2021).

Menantu Sabam Sirait Putra Nababan menjelaskan almarhum sudah dua bulan dirawat di RS Siloam Karawaci karena penyakit paru-paru kronis bukan akibat Covid-19.

Baca Juga: Sabam Sirait Tutup Usia, Seluruh Kader PDIP Berduka

Anggota DPD RI periode 2019-2024 ini meninggalkan istri, empat orang anak dan delapan cucu.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU