> >

Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Instruksikan Kibar Bendera Setengah Tiang Besok, 30 September 2021

Peristiwa | 29 September 2021, 21:13 WIB
Pemerintah Kota Semarang menerbitkan instruksi pengibaran bendera setengah tiang pada besok, Kamis 30 September 2021. (Sumber: Tribunnews.com)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Semarang menerbitkan instruksi pengibaran bendera setengah tiang pada besok, Kamis 30 September 2021.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan seluruh instansi di Pemkot Semarang mengibarkan satu tiang penuh pada 1 Oktober 2021 dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin, pihaknya mengeluarkan surat edaran tersebut dengan dasar Surat Edaran Menristekdikti Nomor : 64262/MK.F/TU.02.03/2021 tertanggal 22 September 2021 perihal penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021.

"Ya dasarnya Surat Menristekdikti terkait upacara Kesaktian Pancasila. Kita terbitkan surat edaran untuk seluruh instansi dan seluruh warga untuk menaikkan bendera setengah tiang pada 30 September dan bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober," kata Iswar, Rabu (29/9/2021).

Adapun di Pemkot Semarang, instruksi tersebut resmi tertuang dalam Surat Edaran Nomor: B/4053/003/IX/2021 tertanggal 27 September 2021 yang ditandatangani oleh Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Baca Juga: Korban Tewas Bom Bunuh Diri Bandara Kabul Bertambah, Amerika Serikat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Iswar menjelaskan, pihaknya tidak mau ikut dalam polemik tarik ulur sejarah peristiwa G30S. Namun, kata Iswar, apa yang terjadi kala itu adalah negara sedang berkabung karena tewasnya putra terbaik bangsa di Lubang Buaya.

Oleh karena itu, Iswar menyebut, rasa duka dan berkabung itulah yang menjadi landasan pengibaran setengah tiang.

"Soal tarik ulur dan lurus bengkongnya sejarah, kita tidak ingin masuk ke situ. Yang pasti, saat itu negara sedang berkabung karena putra terbaik bangsa tewas meninggal. Rasa duka dan berkabung itulah yang dirasakan seluruh negeri sehingga dikibarkan bendera setengah tiang hingga sekarang," jelasnya.

Sementara itu, dilansir dari Antara, Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan, pihaknya juga mengimbau instansi dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU