> >

KPI Bantah Ada Pembiaran Pelecehan Seksual di Lingkungan Kerjanya

Peristiwa | 2 September 2021, 22:25 WIB
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) (Sumber: kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) membantah ada pembiaran kasus pelecehan seksual di lingkungan kerjanya.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua KPI Pusat Nuning Rodiyah menanggapi rencana Komnas HAM menyelidiki adanya pembiaran KPI terhadap dugaan pelecehan seksual yang dialami salah satu stafnya berinisial MSA yang mengaku mengalami kekerasan seksual dan perundungan selama bertahun-tahun.

“Tidak benar,” bantah Nuning Rodiyah dalam konferensi pers di Polres Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: KPI Komitmen Bela Korban Pelecehan Seksual

Nuning membenarkan bahwa korban MSA memang pernah datang ke ruangannya, untuk meminta dipindahtugaskan dari divisi tempatnya bekerja. Nuning mengingat peristiwa MSA mendatangi ruangannya itu pada 2019.

Saat itu menurut Nuning, MSA hanya menyampaikan soal permintaan pindah divisi. Saat permintaan tersebut disampaikan, Nuning pun tidak bertanya alasan terduga korban mengajukan permintaan tersebut.

“Dan yang bersangkutan hanya menyampaikan itu, tidak ada diskusi langsung. Bagi saya tidak harus ada banyak rumpi ketika bukan pertanyaan-pertanyaan soal substansi pekerjaan,” ujar Nuning.

Baca Juga: Geger Kasus Pelecehan Seksual di KPI, Ini Kata Komisioner KPI dan Pakar Psikolog Forensik

Dalam pertemuan tersebut, Nuning hanya menyampaikan kepada MSA bahwa pindah divisi hanya dimungkinkan jika ada formasi yang kosong. “Dan yang bersangkutan harus mengikuti seleksi untuk mengisi formasi tersebut,” terang Nuning.

Menurut Nuning, permintaan MSA tersebut tidak terkabul. “Yang bersangkutan tidak pindah divisi,” ujarnya.  

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/TribunNews.com


TERBARU