> >

Temui Dubes Arab Saudi, Kemenag Harap Jemaah Indonesia Bisa Berangkat Umrah

Agama | 29 Juli 2021, 23:01 WIB
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Khoirizi bersama jajarannya bertemu Dubes Arab Saudi untuk Indonesia membahas penyelenggaraan umrah 1443 H. (Sumber: Kemenag RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi menyambangi Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, pada Kamis (29/7/2021). 

Dalam pertemuan tersebut, Khoirizi menuturkan pihaknya meminta penjelasan kepada Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Esham Altsaqafi soal edaran Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengenai rencana pembukaan penyelenggaraan umrah pada 10 Agustus 2021.

"Banyak hal yang berkembang, dan kami meminta informasi resmi dan valid agar isu-isu terkait dengan umrah lebih jelas," kata Khorizi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/7/2021).

Khoirizi juga menyampaikan kepada Dubes terkait harapan agar jemaah Indonesia mendapat kesempatan jika umrah mulai dibuka pada 1 Muharram 1443 H.

Sebab, kata dia, animo masyarakat Indonesia untuk berangkat umrah cukup tinggi. 

"Jumlah antrean jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya cukup banyak dan sudah hampir dua tahun menunggu," ungkap dia. 

Sementara itu, Khorizi menuturkan bahwa Dubes Arab Saudi membenarkan adanya edaran dari Kementerian Haji dan Umrah terkait rencana dibukanya umrah.

Namun dia menjelaskan bahwa detail edaran tersebut, termasuk yang berkenaan Indonesia, masih terus dikoordinasikan. 

Baca Juga: Umrah Kembali Dibuka 10 Agustus, Syarat Ketat dan Biaya Kian Mahal

"Dubes tadi mengatakan bahwa pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi. Informasinya, akan ada ketentuan detail terkait penyelenggaraan umrah 1443 H, termasuk yang terkait jemaah umrah Indonesia," jelasnya. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU