> >

Satgas Covid-19 Minta Pemerintah Daerah Evaluasi Kebijakan Kegiatan dan Aktivitas Masyarakat

Update corona | 22 Juni 2021, 22:35 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 secara online di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/10/2020) (Sumber: Dok. Covid19.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satgas Covid-19 meminta pemerintah daerah mengevaluasi kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat menyusul adanya peningkatan kasus Covid-19.

Terlebih lagi saat ini kasus Covid-19 sudah lebih tinggi dari angka kesembuhan pasien.

Koordinator Tim Pakar dan juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan perbaikan dapat meliputi evaluasi kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan dan aktivitas masyarakat.

Baca Juga: Angka Covid-19 Tembus Lebih dari 13.000 Kasus

Seperti kapasitas kantor, pusat perbelanjaan restoran, tempat makan, tempat wisata, serta fasilitas umum lain yang berpotensi menjadi titik penularan Covid-19.

“Angka kesembuhan lebih rendah dibandingkan kasus positif perlu menjadi target utama perbaikan penanganan Covid-19,” ujar Wiku dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Selain itu Wiku juga meminta pemerintah daerah dapat meningkatkan kualitas penanganan pasien Covid-19 di fasilitas layanan kesehatan dengan menerapkan strategi early over treatment.

Melalui strategi tersebut, pasien Covid-19 di rumah sakit yang sudah menunjukkan perbaikan kondisi dapat segera dirujuk melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: Satgas Sebut Tak Perlu Test PCR Setelah Isolasi Mandiri, tapi juga Jangan Bertindak Sendiri

Hal ini untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit sehingga RS mampu menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU