> >

Partai Demokrat Minta PDIP Pertontonkan Sikap yang Lebih Kenegarawanan

Politik | 1 Juni 2021, 18:24 WIB
Partai Demokrat (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengajak partai politik untuk tidak memperlihatkan sikap perpecahan kepada rakyat.

Hal tersebut disampaikan Herman Khaeron di KompasTV, Selasa (1/6/2021).

“Partai-partai politik semestinya mengajarkan kepada rakyat memperlihatkan, mempertontonkan, sikap-sikap yang lebih kenegarawanan,” kata Herman Khaeron.

“Supaya apa? tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak ada friksi di antara kita. Meski secara internal kita memiliki pandangan yang berbeda, di mata rakyat sebaiknya partai-partai politik menunjukkan bahwa sikap kita sikap mempersatukan,” tambah Herman.

Namun demikian, Herman mengaku aneh dengan pernyataan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menyebut tidak mungkin PDIP berkoalisi dengan Demokrat.

Baca Juga: PDIP Ogah Koalisi Dengan Demokrat, Herman Khaeron: Dunia Politik Bukan Dunia Matematika

“Dunia politik kan bukan dunia matematika gitu, serba mungkin terjadi dan tidak menutup kemungkinan suatu saat terjadi titik temu berkoalisi,” tambahnya.

Apalagi, kata Herman, pelaksanaan Pemilu masih jauh dan verifikasi parpol juga baru akan dilaksanakan Juni atau Juli 2022.

“Sehingga terlalu dini saya bicara like and dislike, suka atau tidak suka, mungkin atau tidak mungkin,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herman juga mengkritisi pernyataan Hasto Kristiyanto yang menyebut PDI Perjuangan dan Partai Demokrat memiliki perbedaan basis massa.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU