> >

6 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Cegah Bau Mulut hingga Sakit Jantung

Kesehatan | 26 Oktober 2024, 15:00 WIB
Bunga lawang atau star anise. (Sumber: Freepik)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bunga lawang atau star anise merupakan salah satu rempah yang berasal dari China. Rempah ini memiliki bentuk seperti bunga kering berwarna cokelat dengan 6-8 kelopak. 

Bunga lawang memiliki bau yang khas dan kuat sehingga kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Tidak hanya menambah aroma masakan, tanaman bernama latin Illicium verum ini telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. 

Dikutip dari laman Healthline, bunga lawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya akan senyawa bioaktif, seperti flavonoid dan polifenol yang padat.

Berbagai senyawa ini membuat bunga lawang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba.

Baca Juga: 6 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Masalah Kulit

Berikut beragam manfaat bunga lawang untuk kesehatan.

6 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

1. Antiinflamasi

Bunga lawang mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti arthritis atau radang sendi.

2. Meningkatkan sistem imun

Kandungan antioksidan dalam bunga lawang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi stres oksidatif dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Dengan meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan radikal bebas, bunga lawang dapat berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan dan membantu tubuh lebih siap melawan penyakit dan infeksi. 

3. Meringankan masalah pencernaan

Bunga lawang sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan masalah pencernaan seperti kembung, gas, dan mual.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Healthline


TERBARU