> >

Menkes Budi Sebut Tingkatkan Fasilitas Kesehatan demi Bersaing dengan Negara Tetangga

Kesehatan | 17 Oktober 2024, 08:15 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Sumber: Instagram @budigsadikin)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya peningkatan kualitas fasilitas kesehatan (faskes) agar Indonesia mampu bersaing dengan negara tetangga.

Hal tersebut dikatakan Budi saat topping off Institut Neurosains Nasional (INN) di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono. 

"Kita harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan kita agar dapat bersaing dengan negara-negara tetangga," ujar Budi lewat keterangan siaran pers, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga: Waspada Penyakit Radang Sendi, jika Tak Diobati Berisiko Sebabkan Komplikasi Jantung

Selain meningkatkan infrastruktur, Budi juga menekankan pentingnya budaya kerja baru di RS PON yang lebih fokus pada pelayanan masyarakat.

Ia menyebut, budaya kerja yang lebih kolaboratif dan responsif terhadap pasien harus dibangun, bukan hanya dengan kode etik, tetapi dengan implementasi nyata di lapangan.

"Saya minta bukan hanya fisiknya saja yang baru, tapi budayanya juga baru. Budaya kerja sama dengan semua orang, merespons pesan dari pasien dengan cepat, dan berfokus pada pelayanan yang baik," tegas Budi.

Ia juga mengingatkan agar tenaga medis tetap fokus pada tugas mereka di rumah sakit ini dan tidak terlibat dalam aktivitas di luar yang bisa mengganggu pelayanan.

"Kalau bangunannya sudah jadi, kerjanya di sini saja, jangan keluyuran. Kalau ada masalah dengan pendapatan, komunikasikan langsung ke direksi," imbuhnyaB

Budi menegaskan, budaya kerja yang baik harus dicontohkan pimpinan di semua tingkatan, bukan sekadar tertulis di atas kertas.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU