> >

4 Bahaya Screen Time pada Anak, Cek Ada Apa Saja?

Kesehatan | 17 Oktober 2024, 06:40 WIB
Ilustrasi screen time. (Sumber: Dok. Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Di era digital, penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, semakin meningkat, termasuk di kalangan anak-anak. Meski sangat membantu, penggunaan telpon pintar membuat anak akrab dengan screen time sejak dini. 

Sejumlah ahli pun memperingatkan sejumlah dampak negatif screen time yang berlebihan terhadap tumbuh kembang anak. Menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO, screen time adalah lamanya waktu yang digunakan anak untuk mengakses perangkat berbasis layar seperti televisi, komputer, dan smartphone.

Banyak orangtua mungkin memperbolehkan anak menggunakan tablet, smartphone, atau gawai lain berbasis layar sentuh. Anak mungkin senang dengan audiovisual pada layar, namun screen time akan berdampak negatif pada otak anak.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Screen Time dan Amankah untuk Anak?| SINAU

Daftar Bahaya Screen Time pada Anak

Melansir laman Kementerian Kesehatan, berikut bahaya screen time pada anak.

1. Gangguan tidur

Paparan layar gadget dapat mengganggu pola tidur anak-anak, terutama pada malam hari. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar handphone, tablet digital, hingga laptop dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur tidur. 

Kurang tidur dapat menyebabkan anak sulit berkonsentrasi dan mengalami perubahan suasana hati. 

2. Menghambat perkembangan kognitif

Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menatap layar gadget dapat menghambat perkembangan kognitif anak-anak. Mereka mungkin memiliki kesulitan berkonsentrasi, memproses informasi, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. 

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Kementerian Kesehatan


TERBARU